Kamis, 19 Maret 2015

Hadiah Terpahit Di Tahun Ini, Selamat Jalan Kawan

19 Maret.

Dari pagi sampai sore, langit Jatinangor hari ini cerah. Panas mentereng yang gak bisa dikecilin kayak suhu AC. Ya, hari ini siapa yang tau bakalan terjadi sesuatu. Hari ini bagi gue, kerasa seperti hari-hari biasanya. Kuliah, nognkrong di TKP, dan ujung-ujungnya ke POMA. Ngisi perut yang udah bikin konser, pertanda cacing-cacing di perut gue minta jatah preman. Semua berjalan seperti hari biasanya. Hanya sedikit perbedaannya, hari ini adalah hari ulang tahun gue. Ucapan selamat dari sahabat terkampret dan sodara-sodara gue pun berdatangan. Hari ini gue berkurang jatah umur di dunia, itu artinya ... gue semakin tua dan sudah melewati fase jadi-veteran-kampus. Gue bahagia. Gue seneng. Kebanyakan doa dari orang-orang terdekat gue adalah 'gera lulus'. Gue cuma bisa ketawa meng-aminkan, miris. Sedih. Teriris #halah. Sampe pada menjelang maghrib, di POMA, ujan mulai turun. Deras. Gue sama anak-anak UJO pun melipir ke kamar kue balok. Tempat biasa kita pada ngumpul. Tiba-tiba, teh Ica, salah satu pegawai POMA, masuk ke kamar sambil nangis. Gue bingung, anak-anak juga bingung. Karna lagi rame dan suara ujan yang keras, jadi gak kedengeran apa yang di omongin teh Ica ke Risman, yang gue denger selewat adalah buat minjem hape mau telpon. Kalo gak salah denger. Pas teh Ica keluar, gue nanya ke kang Egi karna doi paling deket duduknya pas teh Ica dateng itu.

'teh Ica kenapa kang? kok nangis?'
'itu, katanya Aep meninggal'
'hah?'

Gue diem, anak-anak diem. 'Aep meninggal? Innalillahi'
Gue syok, baru beberapa jam gue ngerasa damai dan aman terus tiba-tiba dapet kabar kayak gini. Begitu abis maghrib, POMA langsung tutup dan pegawai-pegawainya langsung beberes dan siap-siap buat ke Garut. Begitu juga kang Aga, senior gue yang punya POMA itu. Fyi, Aep itu pegawai POMA. Biasanya jaga di kasir. Gue baru kenal juga semenjak jadian sama si pacar, karna sering main dan makan di sana. Aep emang udah lama sakit katanya, baru banget keluar dari rumah sakit. tapi gue gak tau Aep itu sakit apa. Makanya, semenjak POMA buka pas kegiatan kampus udah mulai, Aep gak ada. Gue mikir, oh mungkin entar kali yah datengnya telat. Dan sampe pada tanggal 19 Maret ini, gue belom ketemu sama Aep.

Gue sedih, jujur aja. Meskipun gak deket, di mata gue Aep itu orang baik. Murah senyum, ramah. Gue inget akhir taun kemaren, sebelum kampus mulai libur. Gue sering banget makan disana, sampe gue udah kenal sama pegawai POMA. Waktu Alm. Aep masih ada, biasanya gue dateng ke kasir terus suka bingung gitu mau mesen makan hahaha. Kalo udah kayak gitu, Aep suka bilang ...

'mau mesen apa teh? Kayak biasanya? Ayam penyet sambel pisah? Atau mencoh tahu?'
Kalo udah kayak gitu, gue cuma bisa ketawa aja, 'ahahaha tau aja, ayam penyet deh'
'minumnya? Capucinno dingin?' sambil nyomot capucinno sachet.
'yoiii, di sebelah yaaa hahaha'
'oke siap teh hahaha'

Selalu, as always. Kalo gue lagi kebingungan mesen makan, pasti ditebaknya kayak gitu. Saking seringnya gue makan di sana. Mulai besok, udah gak ada lagi yang bakal nebak kalo gue lagi kebingungan mesen makan. Gak bakal ada lagi yang bilang 'teh, balik duluan ya' dan langsung pulang ke kostannya bareng pegawai cowok yang lain. Gak ada lagi. Gak ada lagi gue liat senyum ramah yang khas. Gak ada. Gak bakal liat lagi gue. Gak bakal denger suara nyebutin pesenan pelanggan kalo pas lagi nganter dan gak jaga di kasir. Gak ada lagi gue liat yang biasanya main saka Iko, yang ngobrol sama pegawai yang lain di dapur. Gak ada.

Kado terpahit di taun ini. Si pacar sampe bilang 'ya ada hikmahnya ulang taun kamu kali ini. Ada kelahiran, ada juga kematian. Kamu hari ini ulang tahun, tapi di tanggal yang sama Aep meninggal. Jadiin pelajaran aja, sebagai pengingat buat kita. Semuanya kan udah di atur sama Allah. Rezeki, jodoh, kelahiran, kematian. Ya mungkin udah waktunya. Yang terpenting sekarang doa buat Aep. Semoga amal dan ibadahnya di terima di sisi Allah, di lapangkan kuburnya'

Gue diem. Apa yang diomongin sama pacar gue itu bener. Segala sesuatunya udah diatur sama Allah. Lagi-lagi gue dapet pelajaran berharga. Kematian itu gak mandang usia, siapa aja bisa. Pengingat untuk lebih di kencengin lagi ibadahnya. Karna kematian itu gak pernah bisa di prediksi. Tapi tetep aja, menurut gue ini adalah kado terpahit selama 23 tahun gue hidup di dunia ini. Yang bisa gue lakuin sekarang adalah doa buat Aep. Gak cuma buat Aep aja, tapi buat semua orang-orang terdekat gue yang udah gak ada. Dan orang-orang yang udah gak ada meskipun gue gak kenal.

Gue sedih lo gak ada lagi Ep, masih belum bisa percaya lo udah gak ada. Meskipun gak deket tapi gue juga ngerasain kehilangan. Di mata gue, lo orang yang baik, ramah, murah senyum. Gak ada lagi deh entar yang nebak pesenan gue kalo lagi kebingungan mesen makan, gak ada lagi yang langsung nebak minuman yang gue pesen hahaha :'). Selamat jalan Aep, yang tenang ya disana :')

Salam GoLuSe \m/ :'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar